Minggu, 23 September 2012

Bagian Tubuh yang Paling Banyak Diperhatikan



Seseorang mungkin akan lebih mempedulikan dan memperhatikan bagian tubuh tertentu dibanding yang lain. Menurut survei, kebanyakan orang sangat memperdulikan kesehatan organ mata, gigi, rambut dan mengidamkan kaki yang mulus dalam kesehariannya.
Berikut adalah langkah sederhana untuk melindungi bagian favorit seseorang dari berbagai kondisi tertentu, seperti dilansir prevention, Selasa (18/09/2012) antara lain:
1.      Penglihatan (Mata)
Mata merupakan organ yang sangat penting dan memerlukan perawatan ekstra agar tidak mengalami penurunan kemampuan penglihatan seiring bertambahnya usia. Berikut hal mudah yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan mata:
a.       Berikan waktu kepada mata untuk beristirahat
Menatap layar komputer atau layar TV selama berjam-jam dapat membuat mata mengering, sehingga berikan waktu kepada mata untuk beristirahat dengan berfokus pada sesuatu yang lain setidaknya pada kejauhan 20 meter setiap 15 menit.
Melihat objek jauh selama 10 detik dan lebih sering berkedip dapat membantu mata kembali rileks dan tetap terhidrasi. Cobalah sesekali untuk memberikan pijatan lembut pada area di sekitar mata.
b.      Makan makanan yang mengandung nutrisi untuk mata
Menurut American Optometric Association, lima nutrisi yang penting untuk kesehatan mata adalah lutein, vitamin C & E, zinc, dan omega-3. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut secara alami seperti pada salmon, wortel, bayam, kacang almond, dan telur.
2.      Kaki
Kebanyakan wanita mengkhawatirkan timbulnya varises pada kaki mulusnya. Buang air besar tidak teratur atau sembelit adalah salah satu penyebab utama dari varises, sehingga Anda perlu meningkatkan asupan makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran hijau.
Seseorang dengan usia di bawah 50 tahun membutuhkan asupan serat hingga 25 gram per hari, sementara orang dengan usia lebih tua dari 50 tahun membutuhkan serat hingga 21 gram sehari. Serat dalam jumlah yang sangat besar dapat menghalangi daya serap tubuh terhadap nutrisi penting, sehingga pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya.
3.      Gigi
Jika gigi rusak, berwarna kekuningan atau memiliki nafas yang tidak sedap, membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Sehingga kebanyakan orang sangat memperhatikan kesehatan giginya, selain dengan menggosok gigi secara teratur, perhatikan juga hal berikut:
a.       Penuhi kebutuhan vitamin D
Memiliki gigi yang kuat dan sehat sangat penting sehingga Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi. National Institutes of Health merekomendasikan untuk memenuhi kalsium hingga 600 International Unit (IU) setiap hari, dan vitamin D sebanyak 400 IU.
Kalsium dan vitamin D dapat diperoleh dari konsumsi produk susu dan suplemen yang dapat diperoleh di apotek.
b.      Minum teh hijau
Teh hijau juga memiliki manfaat bagi kesehatan gigi karena mengandung senyawa polifenol catechin, yang membunuh bakteri di mulut penyebab kerusakan gigi dan penyakit gusi. Peneliti dari Jepang menyatakan bahwa konsumsi satu cangkir teh hijau sehari telah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.
4.      Rambut
Seiring bertambahnya usia, orang akan semakin khawatir terhadap penampilannya yang ditandai dengan penipisan rambut karena kerontokan. Oleh karena itu, rambut memerlukan perhatian khusus sejak dini, cobalah dengan langkah berikut:
a.       Makan biji-bijian
Vitamin B5 dalam biji-bijian sangat penting untuk menjaga sel-sel darah merah tetap sehat, memastikan aliran darah pada kulit kepala lancar dan rambut terhindar dari kerusakan. Selain biji-bijian, sumber vitamin B5 lainnya adalah kubis dan kembang kol.
b.      Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D
Selain menjaga gigi agar tetap kuat, vitamin D juga melindungi kulit kepala dan sel-sel yang memproduksi rambut, menurut sebuah studi di University of Texas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar