Senin, 17 September 2012

Makan Sehat untuk Mengurangi Berat Badan


 Berat badan selalu menjadi momok dalam kehidupan sosial hari-hari ini. Dengan membanjirnya gambaran supermodel sekurus tongkat dan perut seperti dipahat dan sebagainya, lebih banyak orang ingin terlihat dan merasa lebih baik. Pentingnya nilai dalam menjaga gaya hidup yang sehat dan berat bedan yang sehat telah membuat banyak orang berusaha menghilangkan kelebihan berat badan dan menjadi lebih ramping. Namun sama seperti orang-orang lain yang ingin menurunkan berat badan di luar sana, rasanya mengurangi beberapa kilogram itu terasa seumur hidup.
Makan Sehat memainkan peranan penting dalam mencapai target berat badan Anda. Diet drastis yang dilakukan tanpa nasihat profesional bisa menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan. Di sisi lain, perencanaan makan yang dirancang oleh ahli diet profesional dapat menciptakan kepatuhan yang lebih besar, dan menjadi kebiasaan seumur hidup, menghasilkan penurunan berat badan yang permanen dibandingkan teknik diet yo-yo yang justru akan menambah berat badan lebih dari sebelumnya.
Bagaimana Anda bisa Makan Sehat? Makan sehat lebih berupa pilihan berdasarkan informasi daripada sebuah obsesi. Mengendalikan apa yang Anda makan dan tahu bahwa hal itu baik bagi Anda merupakan kunci utama keberhasilan makan sehat.
1.      Pilihlah daging yang tidak berlemak, ikan, dan gandum utuh
Kita semua tahu bahwa lemak mengandung kalori dua kali lebih banyak daripada pati dan daging tanpa lemak. Dengan memilih daging tanpa lemak, ikan, dan gandum utuh, Anda memastikan perut Anda kenyang tanpa kalori tersebut. Pilihan makanan-makanan tersebut mengandung low glycemic index atau indeks glikemi yang rendah, yang berarti makanan tersebut tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda dan membuat Anda lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama.

2.      Pilihlah serat dan buah-buahan
Serat dan buah-buahan menjaga Anda tetap kenyang tanpa membuat Anda khawatir. Serat tidak mengandung kalori, sementara buah-buahan hanya mengandung sedikit kalori dan menyediakan dosis vitamin C yang sehat. Sebagai tambahan, serat bertindak membantu membersihkan sistem pencernaan Anda dan mengeluarkan racun-racun yang mungkin sudah menumpuk akibat berbagai jenis makanan yang Anda santap.
3.      Kukus alih-alih rebus, rebus alih-alih goreng, dan goreng alih-alih bakar
Makan sehat juga berarti masak sehat. Dengan berpegang pada pepatah ini, Anda tidak hanya memastikan kontrol kalori yang Anda konsumsi, namun Anda juga melindungi diri Anda dari karsinogen yang muncul dalam proses pembakaran.




4.      Pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik
Minum 8 gelas air sehari memang sangat bermanfaat. Air menjaga agar kita tidak terlalu dan mengeluarkan racun dari tubuh. Jika air biasa membosankan, cobalah jus buah segar dan teh herbal. Cairan tersebut juga penuh dengan manfaat-manfaat yang menyehatkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar