Sabtu, 22 September 2012

Konsumsi Aspirin untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru


Oleh: Lutfi Dwi Puji Astuti, Tasya Paramitha

 Paru-paru juga perlu dijaga agar tetap sehat
Berhenti merokok bisa membantu menyehatkan paru-paru

Rata-rata orang dewasa bernapas 20.000 kali dalam sehari, hal tersebut tentu saja berkat kerja keras paru-paru dan sistem pernapasan. Paru-paru dilindungi oleh tulang rusuk dan merupakan organ utama manusia dalam membantu melakukan pernapasan.
Organ ini juga membantu menjaga sel-sel tubuh lain tetap mendapatkan suplai oksigen dan menyingkirkan karbondioksida. Namun, tentu hal ini dapat dilakukan jika kondisi paru-paru benar-benar sehat.
Bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru? Tentu Anda harus mengetahuinya seperti dikutip laman Fit Sugar. Berikut beberapa tipnya:
1.      Jangan Merokok
Mungkin sulit melepas kebiasaan satu ini. Apalagi bagi mereka yang memiliki anggapan, lepas dari rokok bisa menbuat tubuh gemuk. Tapi Anda perlu tahu, merokok merupakan hal paling paling buruk yang Anda lakukan dan bisa merusak kesehatan paru-paru. Merokok menyebabkan saluran udara yang menuju ke paru-paru menjadi mengecil sehingga ia membengkak dan jaringan tissue paru-paru rusak. Jika Anda khawatir kondisi paru-paru rusak akibat rokok, segera berhenti dan beralih mengonsumsi makanan diet sehat agar tubuh tak gemuk usai lepas dari rokok.
2.      Konsumsi Aspirin
Dr. Weil memiliki beberapa list suplemen untuk menjaga kesehatan paru-paru. Namun satu dari beberapa suplemen mungkin sudah ada di dalam kotak obat Anda. Dan “aspirin” adalah salah satu suplemen penting untuk paru-paru. Konsumsi aspirin secara rutin dapat membantu membuat paru-paru Anda tetap sehat dan menjaga paru-paru terhindar dari peradangan.
3.      Konsumsi Sayuran
Sayuran kaya gizi untuk melawan kanker seperti brokoli, kol, kale dan sebagainya merupakan contoh dari sayuran cruciferous yang mampu melawan kanker paru-paru. Dalam 30 studi, pasien yang memakan sayuran ini memiliki risiko kanker paru-paru yang lebih rendah. Jadi, konsumsi sayuran ini setiap hari, demi mempertahankan kesehatan paru-paru.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar